Moms dairy

Prenatal Yoga di Rumah

Hai, terakhir kan udah ngebahas soal Hypno-birthing, sekarang aku akan membahas aktivitas kehamilanku saat ini yaitu mengikuti kelas private Prenatal Yoga.

Untung banget deh therapist aku Mba Diana (Hypno Birthing) mengenalkanku pada Mba Prita seorang instruktur yoga prenatal yang rumahnya deket sama rumahku. Jadi beliau bersedia buat ngajar private di rumah. Secara yah aku udah berat banget jalan karena kaki mulai bengkak pada saat memasuki usia kandungan ke 34 minggu kemarin dan udah mulai susah jalan banyak karena pengen pipis terus. Jadilah aku butuh banget olahraga yang bisa dikerjakan di rumah.

Sebelum lebih lanjut membahas prenatal yoga, apa sih sebenernya prenatal yoga itu? Prenatal yoga kalau menurut prenatalyogacenter.com, filosofinya adalah to help parents and children openly explore the mind, body, and spirit.

Jadi dari dalem perut baby udah dilatih juga untuk membuka pikiran dan semangatnya melalui yoga. Menurut Mba Prita, yoga juga bisa membantu baby untuk menemukan jalan keluarnya. Antara ibu dan baby saling bekerja sama melalui gerakan – gerakan yoga agar semuanya bisa berjalan lancar.

Aku udah mengikuti Prenatal Yoga ini 3x. Ternyata rasanya heeyymm ruarrr biasa deh, ruar biasa beratnya hahaha. Dulu aku pernah mengikuti kelas pilates beberapa tahun silam, ternyata hampir mirip gerakan-gerakannya sama yoga seperti child pose, cat pose, dan lain sebagainya. Tapi yang membedakan adalah yoga bener-bener nggak pake alat beban yang berat, jadi tumpuan berat badan kita tu di badan sendiri. Kalau di pilates masih dibantu dengan alat beban sendiri. Kelebihan lain yoga adalah kita juga diberikan sugesti rileksasi pada tubuh kita. Dengan melatih pernafasan dan pikiran agar selalu tenang.

Ngos – ngosan si berasa banget ya udah kaya sapi disuruh lari 7 putaran Senayan, secara aku jarang olahraga, terakhir berenang sebelum nikah wakakakak. Tapi sekarang pas hamil aku malah pengen banget olahraga, pengen perutnya ala-ala Indah Kalalo atau Sigi Wimala gitu kan, anak udah lebih dari 1 tapi perutnya masih rata serata papan setrikaan hihihi :p Buat menjaga keseimbangan dengan gerakan angkat 1 kaki aja udah suse banget macam ikut ujian UN susahnya *Sotoy, gimana yang kaya artis – artis yak yang bisa gerakan macam akrobat gitu? Salut banget deh. Padahal tujuan utama yoga bukan membuat orang jadi kurus loh! Tapi lebih kepada keseimbangan fisik dan pikiran. Result jadi kurus cuma nilai plus aja.

Gerakan-gerakan yang diberikan kebanyakan fokus pada menambah kekuatan di pinggul (walaupun akan c-section yah), punggung yang skoliosis, dan yang terakhir pada kakiku yang mulai bengkak ini. Emang si 2 jam rasanya berat banget, tapi abisan itunya enak banget. Hamil 8 bulan rasanya kaya hamil 4 bulan bawa perutnya jauh lebih enteng. Yang terpenting semua dari pengaturan nafas kita.

Kebetulan aku masih bisa sujud saat solat, dari sujud ke naik tu nggak seberat sebelum yoga. Selain itu, menurut kakak aku yang mengikuti yoga juga saat kehamilan, saat melahirkan cesar recoverynya jadi lebih cepet. Can’t wait to see the result!

Selain itu, menurut parents.com, berikut adalah manfaat yang diberikan oleh Prenatal Yoga :

  1. Badan akan banyak mendapatkan support yang baik saat mengalami perubahan – perubahan hormon sebelum sampai setelah melahirkan
  2. Otot – otot penting saat melahirkan akan lebih kencang, sehingga mempermudah proses persalinan
  3. Lebih terkoneksi pada bayi dalam perut melalui pernafasan – pernafasan yang kita berikan dan sugestikan untuk bayi
  4. Menghindari keluhan – keluhan umum yang terjadi, misal morning sickness di awal – awal kehamilan, bisa dikurangi dengan mengikuti kelas yoga
  5. Lebih mendapatkan kehamilan yang sehat, karena badan dan pikiran akan lebih fit

Mba Prita ngajarnya enak banget, semuanya dilakukan perlahan, nggak memforsir harus cepet bisa, pelan yang penting bener. Aku malah nyesel baru mulai di minggu ke 31. Harusnya bisa dari trimester pertama. Semua gerakan latihan bisa disesuaikan dengan kondisi kehamilan kita. Misalkan sebelumnya ada riwayat pernah flek atau pernah kejadian apa gitu saat hamil, gerakannya akan menyesuaikan dengan kondisi tersebut. Jadi nggak asal gerak-gerak aja.

Kalau mau coba yoga prenatal dengan Mba Prita, bisa dateng ke Bintaro Woman and Children Clinic di sektor 9. Disitu juga ada clinic Hypno Birthing.

Sekarang kandunganku udah memasuki usia 35 minggu dan berat badan baby udah 2,7 Kg. Udah berat bener ini haha, tapi dinikmati aja deh, yang penting semuanya sehat-sehat, aamiin :*

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s