Moms dairy

Hypno-Birthing Experience

Hiii, seneng yah jadi mommy to be, banyak hal baru yang tadinya nggak kepikiran dan nggak ngerti sama sekali, sekarang jadi lebih harus banyak belajar dan mengerti soal kehamilan dan baby. Diantaranya adalah mengikuti kelas private Hypno-Birthing.

Awal mula mengikuti kelas ini dilatarbelakangi karena I was a drama queen in hospital, hahahaha.. pernah 3x diinfus di UGD, trus operasi kecil copot 4 gigi graham , trus pernah juga oprasi kecil mata ikan di kaki dan semua dijalani ala drama Elif plus drama silat-silatan gitu deh, tangis2an tendang sana tendang sini pas lagi dilakukan tindakan hahaha.. brutal deh kaya orang lagi di rukiyah ๐Ÿ˜€ Basically, aku orangnya sangat nggak bisa nahan sakit, beda banget sama kakak aku yang selalu cuek kalo luka sana luka sini, kena beling, kena blender dan lain2 nggak pake tangisan haru tapi pake cengangas cengenges..

Waktu masuk awal-awal trimester 2, aku suka nangis malem-malem sebelum tidur, karena nonton korea (yakalee), bukan-bukan, tapi karena parno dan takut masuk ruang oprasi untuk cesar. Kebayang lampu ruang oprasi yang bulet kaya di Grey’s Anatomy trus dibelek – belek sana sini, pake acara disuntik punggung dulu kan sebelum cesar, uwaaa takutt! Suami aku ampe bete gara – gara Bini-nya super parno dan penakut abis, kalik dalem hati dia, “mendingan gue aja deh yang hamil, mental istri kayak begini kaga percaya gua bisa melahirkan selow”, hahaha.

Akhirnya temen ada yang cerita mengikuti kelas private Hypno-Birthing. Intinya si buat nenangin diri Bumil dan Pamil saat menghadapi persalinan gitu. Wah kayaknya cocok si sama aku, yang emang harus banget secara mental dibenahi buat persiapan melahirkan. Karena abis lahiran kan masih ada menyusui tuh, dimana Ibu dan bayi sama-sama saling belajar, pastinya ada luka, lecet pada puting, ntar eyke nangis-nangis lagi karena sakit kan.. kagak lucu aja anaknya nangis, emaknya juga nangis nggak kelar-kelar berduaan tuh yak.. yang ada dimarahin tetangga gara-gara berisik, hehehe..

Oia, biasanya yang ikut Hypno-Birthing itu adalah para bumil yang mau melakukan persalinan normal. Karena kan normal biasanya identik dengan rasa sakit yang luar biasa, jadi persiapan mentalnya harus jauh lebih besar dari yang harus mengikuti tindakan cesar. Seperti yang sudah pernah aku posting sebelumnya, aku memang sudah di vonis 5 dokter (1 dokter orthopedi, 3 dokter kandungan SpoG dan 1 dokter kandungan SpoG fetomaternal saat periksa 4D kemarin), menyatakan bahwa aku nggak bisa melahirkan normal, karena tulang punggung aku yang skoliosis ini udah mayan parah sehingga tindakan normal nggak akan bagus untuk tulangku kedepannya.

Tapi justru aku malah lebih takutan cesar daripada normal. Sotoy-sotoyan aja nih, aku ngerasa kalo tindakan melahirkan normal adalah tindakan yang alamiah, dimana semua makhluk bisa lahiran normal, binatang aja bisa kan ya.. Jadi pasti emang sakitnya luar biasa, tapi yaudah abis itu biasanya udah bisa beraktivitas kembali dengan cepat. Mungkin buat Ibu yang melahirkan normal dan baca ini akan bilang, “heymm coba dah lu rasain lahiran normal, kalo nggak semua orang pengen lo makan rasanya sanking sakitnya” hahahaha.. Anehnya aku malah lebih takut mengikuti tindakan cesar. Kayak yang aku bayangin diatas tadi, aduhh segala perut dibelek-belek lah, denger kakak ipar cerita nemenin kakak aku cesar katanya yang ususnya dipinggirin dulu lah, organ-organ disamping2in dulu lah, drop shaayy -_-

Trus aku dan suami memutuskan untuk ikut kelas private Hypno-Birthing. Sang therapist bisa dateng ke rumah. Namanya Mba Diana Elsa Vonie dari Humming Bird yang juga anak didik dari Ibu Lanny Kuswandi sang pakar metode Hypno-Birthing Indonesia. Ia udah dapet banyak gelar dibidang Hypnobirthing dan healer-healer gitu deh.

Saat ketemu beliau, ternyata orangnya masih muda dan enak diajak diskusi. Pendekatannya ke kita juga didasari sama pengalaman dan tipe seperti apa kita sebenernya. Kita dijelaskan dan diperkenalkan apa Hypno-birthing itu sebenarnya. Menurut ilmunya Mba Diana nih, Hypno-birthing adalah upaya alami menanamkan niat/sugesti ke pikiran bawah sadar untuk menghadapi persalinan dengan tenang, sadar dan bahagia. Jadi kalau dari yang aku tangkep, indera kita yang biasa kita gunakan diistirahatkan dan indera bawah sadar lebih dipertajam lagi untuk menerima afirmasi dan sugesti ketenangan pikiran kita.

Pertama-tama belajar pernafasan yang bikin relax dulu trus secara garis besarnya si, aku dan suami harus saling kerjasama agar membuat proses persalinan berjalan tenang dan lancar dengan latihan pernafasan, sugesti, pijatan lembut dan konsentrasi untuk menguatkan bawah sadar kita. Pertemuannya cuma 2x, karena memang pada dasarnya kita yang harus bisa meng-hypnotis diri kita sendiri dan Mba Diana hanya memfasilitasi saja. Paketan dari theraphy ini adalah, kita dapet pendulum (kayak bandulan liontin gitu untuk melatih konsentrasi kita) dan flasdisk yang berisi materi Hypno-birthing, kumpulan lagu rileksasi dan video yoga.

Setelah aku mengikuti Hypno-birthing, Alhamdulillah si parno-parno udah berkurang ya. Masih ada rasa serem pastinya dan harusnya normal kalo agak takut-takut gitu, secara ini 1st experience kan buat aku. Abis di Hypno rasanya jadi nguantuk banget,  mungkin karena badan dan pikiran dibuat relax banget kali yah? Jadinya istirahat akan lebih enak. Mba Diana juga bisa mendampingi saat persalinan. Dia akan ngasih sugesti – sugesti ke kita supaya kita bisa lebih kuat lagi. Hopefully, when it comes the day, I’am able to use and control my “Hypno-self”, jadi kepake deh ilmunya.

Buat yang mau bersalin dan orangnya panikan kayak aku, patut dicoba kok treatment ini. Sebenernya bisa buat apa aja, nggak harus untuk melahirkan aja. Setelah ini, aku pengen ikutan Yoga Pre-Natal untuk orang skoliosis dan kelas laktasi, mengingat udah mayan deket nih waktu melahirkan hihihi.. semoga lancar-lancar semua deh aamiin..

 

2 thoughts on “Hypno-Birthing Experience

Leave a Reply

