Moms dairy

Another Shaidan’s Trip

Haii semuaaa.. ii kayaknya MumiShai gaya banget yah postingannya jalan2 melulu, padahal jalan2nya selang 2 bulan koks hihi. Kalau jalan2 kali ini emang udah dirancang (lah macam bangunan aja hahaha), dari tahun lalu.

Aku emang pengen banget ngajak Mama jalan2 lagi yang pake pasport (baca : bukan ke Bekasi yess hahaha ups :p ) Karena setelah 2 taun nikah, kita jarang banget ada kesempatan untuk pergi liburan ajak Mama. Selain karena Mama sibuk dengan urusannya sendiri yaitu kumpul2 ibu2 (nenek2 eksis hahaha), kita juga harus menyesuaikan dengan kondisi AbangShai yang bener2 harus fit kalau mau liburan. Akhirnya sekitar bulan Oktober tahun lalu, aku minta ijin BapakShai untuk pesen tiket buat perjalanan bulan Februari tahun ini ke Singapore.

Nggak tau kenapa MummiShai jatuh cintaaaa berkali2, kaya nggak bisa move on banget deh sama negara imut tetangga sebelah kita itu. Udaranya, lokasi2nya, kebersihannya, duh pokoknya semuanya deh cucok meyong banget kalo kata orang sekarang hahahha. Sampe honeymoon aja aku maunya kesini, nggak usah jauh2 aku bilang ke BapakShai dulu saat baru nikah, ke Alpa yang ada di Singapore aja Neng udah seneng (wakwak jauh amat yak Alpanya) Udah beberapa kali kesini nggak pernah bosen dan Alhamdulillah taun ini dapet kesempatan lagi ke Singapore.

Aku sengaja pesen tiket dari tahun lalu karena harganya lebih miring pastinya. Monmap ni yah, kalau perginya rame2 dan pake biaya sendiri kudu irit2 nyesuain ama kantong kita hahaha. Selain Mama, kita juga ajak salah satu asisten Mama yang udah ikut lama sama Mama. Tugas doi buat bantuin aku dan BapakShai ganti2an jagain AbangShai dan sekalian nemenin Mama bobo.

Karena jumlah orangnya yang cukup lumayan ya sis, jadi aku pilih maskapai Jetstar untuk perjalanan kita. Emang bener lumayan banget si, berangkatnya dapet harga tiket Rp 350.000 dan pulangnya yang agak mahal yaitu sekitar Rp 650.000an. Tapi karena budget flight jadi belum termasuk seat, baggage dan meal. Jadi kalo di total2 per orang mungkin kena sekitar Rp 1.300.000an deh. Agak2 nyesel juga sih kenapa nggak beli tiket pas ada Garuda Travel Fair aja, tapi yoweslah Jetstar juga not bad at all.

Alhamdulillah Abang Shai anteng dan bobo dipesawat. Karena jarak tempuhnya nggak terlalu jauh (mirip2 ke Bali), jadi AbangShai nggak cranky karena bosen.

Hampir setiap ada kesempatan ke Sing, aku biasanya nginep di Value Hotel Belastier. Harganya bersahabat banget, 1 juta kurang dikit deh. Di Value hotel walaupun kategori hotel budget, tapi bersih dan nyaman banget. Tapi jangan harap yah kamarnya gede atau dapat menikmati teriknya matahari dari jendela kamar, dengan harga yang biasa aku pilih, selalu kebagian kamar yang tanpa jendela. Cuma dulu aku pikir ya ngapain juga punya kamar yang bagus2? Toh kita kesini juga buat jalan2nya kan? Jadi pilihanku dulu selalu jatuh ke Value Hotel, hotel murmer, bersih, tanpa restoran untuk breakfast dan favoritnya depan hotel persis ada pemberhentian bis.

Tapi karena bawa anak dan Mama dimana kenyamanan diutamakan, aku pertimbangkan harus nginep di hotel yang ada tempat breakfastnya, lebih luas dari Value dan harga tetep terjangkau. Akhirnya pilihan penginapan jatuh ke hotel yang lokasinya deket dengan Bugis Junction, yaitu Summer View Hotel Bencooleen. Setelah menimbang2 harga dan lokasi, kayaknya hotel ini paling ok. Aku udah coba banding2in dengan beberapa lokasi yang tertera di Booking.com, tapi harganya banyak yang menjulang tinggi. Kalaupun yang murah, daerahnya kita kurang sreg seperti di Little India ataupun China Town. Ke 2 tempat tersebut jauh banget dari Orchard (tetep dong Orchard yang dicari hahaha) Biaya menginap di hotel ini sekitar Rp. 1,5jutaan per-malam exclude breakfast.

Tapi pas sampe jujur ada kekecewaan. Beberapa part aku agak kesel aja si, tapi sebetulnya tidak mengganggu banget liburan kita, but for me detail is matter, apalagi harga per-malamnya bukan yang super murah banget, masih tergolong “in between” lah. Pertama, kita dapat kamar di lantai 7. Nggak sebelahan sama kamar mama (padahal udah request), tapi untung nggak jauh2 banget, ok deh gapapa. Trus pas kita baru buka kamar Mama, grill AC di atap kayak setengah mau copot. Untungnya si dari pihak hotel cepet benerin dan problem 2 solved. Oia pas sampe di lantai 7, kereta2 dorong yang isinya alat2 buat bersihin kamar diletakan nggak beraturan di hall lantai 7, jadi pas kita pas buka lift pemandangannya ya si kereta2 dorong itu. Berantakan aja gitu cuma ditutupin semacam kain putih di tiap kereta dorong. Jujur aku baru sekali ini lihat ada sudut Singapore yang “nggak rapih”, aneh.. Malam pertama di hotel ini, kita tidurnya nggak nyenyak banget, karena beberapa penghuni kamar seberang kita seperti habis mabuk2an dan terdengar banget jelas ke kamar kita. Asumsiku dindingnya lumayan tipis nih, macem kayak di kos2an, orang sebelah ngupil juga kedengeran hahaha… Pas paginya kita tetep sarapan disini walaupun harus bayar lagi. Pilihan menu breakfastnya emang seadanya banget, aku maklum kalo itu, namanya juga bukan hotel bintang 5 kan. Tapi sedihnya nasi yang dibikin keras bangeet, mending makan di warteg deh hahaha.. Dan yang paling bikin “huuhhhh” adalah kamar kita belum di clean up setelah seharian kita pergi. Untung kamar mama udah dibersihkan, jadi kita ngungsi dulu ke kamar Mama sambil menunggu kamar selesai dibereskan. Rasanya udah capek2 pergi pengen bersih2 dan rebahan musnah aja gitu karena lambannya pengerjaan “beberes” kamar. Padahal kita meninggalkan hotel lumayan lama, dari jam 10.00 sampe jam 17.00 waktu Sing. Ternyata kayaknya hotel ini kekurangan tenaga kerja, jadi terasa lama pengerjaan cleaning up kamar.

Tapi dari semua sedih2 itu, hotel ini punya beberapa kelebihan juga. Pertama lokasinya yang sebelahan sama Burlington Square, bukan mall yang gimana gitu si, tapi lumayanlah ada Burger King nya, jadi kalo laper2 bisa kesini. Trus depan hotel persis ada pemberhentian Taxi dan di seberangnya pemberhentian Bis. Jadi nggak usah jauh2 kalo mau antri Taxi atau Bis. Lokasinya yang nggak sampe ratusan meter ke Bugis Street yang bikin Mamaku super kegeringan hahaha.. Sama satu lagi ni, setiap penghuni diberikan pinjaman Handphone yang namanya Handy.

Sebenernya waktu di Hong Kong kita juga dapet Handy ini di tiap kamar. Cuma nggak dijelasin kegunaannya secara detail, jadi nggak kepake. Nah, kalo disini, pihak hotel ngasih tau rinci tentang penggunaan Handy ini, bisa buat telfon antar kamar, bisa buat telfon selama di Singapore, bisa pesen berbagai macam tiket permainan maupun pesen Taksi melalui aplikasi di Handy ini dan bisa juga buat telfon ke Indonesia! And it’s free! Hmm no wonder si kalo harga per-malam “boutique hotel” ini tergolong bukan yang murah banget. Fasilitasnya aja sampe dapet pinjem HP kan? Dengan adanya si Handy ini, ngebantu banget pesen Taxi karena antrian Taxi disana duh duh Monmap lahir batin, bisa2 farises sekujur tubuh nih! hahaha.. Trus waktu pesen tiket masuk untuk Garden by The Bay juga dapet diskon. Lumayan deh ampe lokasi nggak usah antri tiket lagi. Design kamarnya modern minimalis, sama sekali nggak terkesan tua. Kebersihan nggak usah diragukan lagi lah yahh..

Kalo ittenarry nya sendiri, yah mirip2 deh sama waktu ke HongKong. Aku nggak memilih ke Universal Studio karena alasan yang sama kayak nggak ke Disneyland. Jadi kita cuma ke Merlion Park (mandatory yak kayaknya hahaha), Orchard Road, Bugis Junction, Garden by The Bay dan Marina Bay Sands. Tadinya pengen banget bawa Abang ke Jurong Bird Park atau Sea Aquarium, tapi lokasinya cukup jauh dan Abang tiap malam tidurnya larut terus karena sesuatu yang nggak penting banget si huff.. yaitu mainan lampu diatas tempat tidur! Hahaha norak dah, baru liat doi soalnya. Jadi siang hari selalu cranky karena ngantuk. Menurut aku dari beberapa kali traveling sama Abang, ke Singapore kali ini paling cranky deh.

Tapi hari terakhir di Singapore, Abang nggak cranky lagi, karena dia kita ajak ke Forum Shopping Mall di Orchard. Letaknya bukan di tengah2 jantung Orchard yang ada ION Mall dan Lucky Plazanya, tapi ini lumayan jauh dari Orchard yang biasa kita kunjungin.

Aku sempet liat postingan salah satu selebgram yaitu Momisan @shf_82 membawa putri kembarnya ke Forum Mall ini. Di postingan tersebut terlihat anak2 beliau asyik bermain pasir dan main2 yang cocok dengan usianya (anak beliau sama umurnya kayak Abang Shai) Bener aja pas menginjakan kaki disini, langsung kedengeran suara tawa riang anak2 yang lagi senda gurau. Emang Mall ini kayaknya dirancang khusus buat kebutuhan anak. Ada Toys R Us yang super gede, 1 lantai sendiri di paling atas, ada Mothercare walaupun mungil banget tempatnya, ada toko perlengkapan anak2 yang unik2 kayak di Moms And I Kemang, ada toko baju2 high branded anak, beberapa salon khusus bayi macam Kiddy Cuts, furniture khusus bayi, dan restoran2 di lantai paling dasar.

Diantara semuanya, paling menarik si tempat permainannya. Ada beberapa tempat permainan, mulai dari yang sederhana seperti di mall pada umumunya yang dimasukin koin trus goyang2, playland perosotan dll, ruangan khusus pasir sampai yang bertemakan laboraturium juga ada. Aku memilih playland yang ada mainan pasirnya.

Pertama2 kita disambut sama sang pemilik kayaknya ya, dia langsung nanya data2 kita dan meminta salah satu id card kita. Trus emang yah negara ini bener2 memikirkan hal2 detail yang aku rasa di Indonesia belom sampe segitunya deh dalam hal menjaga kehigienisan tempat bermain, seperti disini kita langsung diberi semprotan antiseptik untuk tangan dan kaki setiap baru masuk. Selain itu, suhu tubuh anak juga diukur, kalau demam ya nggak boleh ikutan main.

Ruangannya terdiri dari mini playland yang ada aktivitas mainan untuk usia batita, mini trampolin dan area yang aku gemesh banget area pasir. Nah di saat masuk area pasir, tiap anak diberikan semacam baju overall berbahan parasut, dimana baju tersebut lebih mudah dibersihkan dibandingkan pakai baju bahan biasa. Ada semacam sikat untuk baju juga loh kalau mau keluar dari area pasir ini. Bapak Shai yang nemenin Abang main pasir, bajunya kinclong lagi setelah disikat2. Pasirnya juga bukan pasir yang kasar gitu, melainkan pasir yang lembut banget dan aman buat anak2. Buat orangtua yang nungguin, bisa duduk santai di area cafetaria. Salut banget deh sama owner tempat ini, bisa membuat tempat main dengan memperhatikan kebersihan dan kenyamanan pengunjung. Harga yang dibandrol kalau aku nggak salah 25 Dollar Sing untuk 2 jam.

Oia ada 1 hal yang aku belum bahas yaitu stroller. Aku sempet mau coba sewa stroller lain karena pengen tau aja si stroller cabin size lain ada yang ok juga nggak. Akhirnya pilihan jatuh ke salah satu brand terkemuka deh, inisialnya M. Taunya pas dicoba saat malam sebelum berangkat duuuh the worst stroller ever menurut aku. Roda depan agak susah muter, trus pas anaknya ditaro di stroler ternyata beraaaat bangeeeeet dorongnyaa maaak kayak dorong gerobak kalik yak? Gila sih ini bikin kesel. Akhirnya rejekinya Abang deh bisa tuker sewa sama stroler kesayangan Babyzen Yoyo walaupun waktunya udah mefet banget.

Overall perjalanan ke Sing menyenangkan sekali sama seperti traveling2 sebelumnya. Kalau keluar negeri juga selalu nyaman dan aman untuk ruang ganti diapers bayi pasti tersedia di area umum. Semoga Bapak Shai ada rejeki lagi yaak bisa ajak MumiShai dan AbangShai jalan2 lagi aamiiinn..

Leave a comment