Moms dairy

Batpil Abang Shai

batuk berdahak bayi, demam bayiHai2 Abang Shai 3 minggu lalu terserang batuk berdahak dan flu juga (sedih akhirnya sharing tentang sakit lagi huhu)

Awalnya dia nggak mau makan, yang biasanya lahap sekarang babay deh liat makanan. Aku pikir dia bosen, ternyata sulit nelen karna lagi sakit tenggorokannya. Minggu malem tiba2 demam menghampiri badan abang, “tok, tok, tok, demam mo masuk yah” hahaha gt deh.. 

Agak panik juga si karena udah lama abang nggak demam gini, pas di cek 36,9 C, udah mau 37 dikit lagi. Sebenernya si masih itungan sumeng, tapi jadinya rewel dan tiba2 dahak terdengar dari mulut kecilnya. 

Aku dan suami bawa ke Dr. Sander karena kita cari yang terdekat dan yang ada setiap hari. Dr. Sander bilang harus di uap dan dahaknya harus dimuntahkan atau keluar lewat pup. Paling nggak sampai hari Kamis malam (dari Senin) keadaan Abang akan seperti ini menurut Dr. Sander.

Abang di uap dengan Suster Lusi yang berbadan tinggi besar untuk seukuran seorang suster. Abang dipangku suster tsb seperti melihat Abang sebagai Marsha dan Suster Lusi sebagai (and the) Bear hahaha maapkan acu suster baik hati, :p 

Suster Lusi dengan sabar mangku Abang yang berontak luar biasa mendapat pengalaman pertama kali di uap. Nangis2 kejar sampe badannya goyang sana sini (bukan goyang dombret ya wkwkwk) Jujur air mata udah diujung banget mau keluar juga karna super gk tega deh liatnya. Tapi harus cari akal supaya abang teralihkan nggak jerit2 kayak gitu. Setelah selesai di uap, Suster Lusi menawarkan kalau mau uap lagi, Suster Lusi bisa datang ke rumah pasien. Aku pikir boleh juga nih, secara aku nggak punya juga kan alat nebulizer.

Pulang dari RS malemnya panas lagi, aku kasih Tempra sesuai anjuran Dr. Sander kalau panas melebihi 37,8. Akhirnya besoknya turun demamnya. Mata masih kuyu banget, makan belum mau, aku akhirnya panggil Suster Lusi ke rumah. Untungnya beliau bisa dateng. Di uap di rumah Abang jerit2 lagi, nggak tega deh. Tapi abis itu dia tenang dan demam sumengnya turun. Dia jadi ceria lagi dan sempet mau makan. Tapii malamnya kembali demam lagi sampe 38an 😦

Rasanya dunia kayak kebalik deh. Aku capek karena abang rewel, mau di nenenin malah di dorong2 badanku, tapi di sisi lain kasian banget sama badannya yang lagi perang melawan virus flu..

Besokannya Suster dateng lagi, kejadian yang sama berulang lagi kaya De Javu aja, abis uap seneng – malem demam lg – besok paginya gk mau makan. Hari kamis yang ditargetkan untuk sembuh sama Dr. Sander udah terlewatkan, hari Jumat Paskah suster datang lagi, suster juga kaget kok masih demam aja Abang Shai? Obat2 yang Dr. Sander kasih menurutku belum terlalu canggih, masih taraf kaya Panadolnya orang dewasa deh. Ternyata Abang belum dikasih puyer. 

Malamnya Abang muntah buanyaaak banget sampe megap-megap gt, ada kali yah 15 menit gk berenti2 batuk dan muntah. Aku panik si karena takut pernafasannya terganggu karena gk tau cara berentiinnya gimana. Akhirnya kita bawa ke UGD Kemang Medical Care, nggak taunya dia bobo di jalan, sampe sana juga tetep bobok. Tapi demamnya turun Alhamdulillah, cuma batuk dahaknya masih ada. 

Aku putuskan Sabtu pindah dokter ke Dr. Hari Martono di RSPI, seorang Dr. senior dari suamiku kecil dokternya beliau ini. Pas di check, tenggorokan Abang merah banget. Trus Abang harus menjalani fisio juga, karena uap aja gk cukup. Uap juga harus dilakukan 2x sehari. Jadilah kita beli alat uap sendiri dan bolak balik fisio 3x. Obat yang diberikan juga lumayan banyak si, tapi aku nggak semuanya kasih ke Abang, karena kasian kan kalo kebanyakan kimiawi fisikawi dan wiwiwi lainnya yang masuk ke badan Abang. Alhamdulillah batuk Abang hilang. Walaupun BBnya turun 3 ons, tapi paling nggak abang sudah kembali ceria 🙂

Selama sakit kemarin, aku banyak kasih oles2 di badan Abang, supaya nggak kebanyakan minum obat. Berikut review oles2 yang aku berikan yah :

1. Y&L Myrtle 

Udah nggak asing lagi dongs sama oil yang lagi super heits beberapa tahun terakhir? Si kecil mungil dengan bejibun manfaat. Karna ada temen yang kebetulan jualan Y&L, aku jadi tau guna2nya apa aja. Pas liat postingan Abang Shai yg lagi sakit, si empunya jualan Y&L langsung hub aku untuk pake series yang Myrtle. Fungsinya banyak banget salah satunya bisa untuk gangguan pernafasan bayi. Karna aku juga ketularan flu dari Abang, jadi aku oleskan juga oil ini ke dada. Rasanya cespleng ya ingus. Bisa nafas sedikit2 haha, aromanya seger khas daun2 di taman (apose si haha lebay deh) tapi bener si, kayak ada daun2 gitu, ternyata ini dari minyak nabati pilihan. Karena harganya yang lumayan yaah bu ibuuk, jadi aku pake nya cuma mau tidur aja, efeknya ke Abang juga dia jadi gk terlalu rewel bobok malemnya.

2. Herbal Oil Kutus Kutus

Herbal Oil dari Bali ini, punya banyak keunggulan. Terdiri dari 49 tanaman herbal dan dipercaya bisa meringankan (aku gk mau pake kata menyembuhkan, karena yg Maha Penyembuh cm Allah SWT) 63 penyakit. Jadi Abang tiap abis mandi dan dijemur pagi selalu dipijet Kutus – Kutus. Aromanya enaak banget, khas rempah2. Abang juga dahaknya jadi keluar banyaak banget, tapi tentu yaa dengan bantuan obat puyer juga. Well at least Healing Oil Kutus Kutus banyak membantu orang yang ingin sembuh dari berbagai penyakit. Harga dan barang cukup sesuai kok.

2. Belli to Baby Cold and Flu

Kalo ini aku pernah ditawarin pas Abang berenang di Mom N Jo. Wanginya si enak, kayak peppermint gt. Waktu Abang flu sebelum ini udah pernah aku oles2 juga di baju dan bantalnya. Alhamdulillah ngaruh si, tapi kalo flu yang berdahak menurut aku agak kurang kerjanya. Tapi overall untuk jaga2 supaya gk tambah parah ok lah.

Well sekian yah review2 kali ini, semoga Abang sehat terus, aamiin.. 

Leave a Reply

