See.. Or just read it

Bekasi.. Oh Bekesong..

hii.. akhir2 ini aku sering dibuat ketawa cekikian melihat meme – meme lucu  di socmed yang mengangkat kota Bekasi.

Aku kurang ngerti juga asal muasal kenapa kota Bekasi menjadi bulan – bulanan di social media. Rasanya seperti sebuah musim, dimana musim ini adalah musimnya ngata-ngatain kota Bekasi hahaha.. padahal kota kota sekitar Jakarta juga jaraknya nggak kalah jauhnya dari Bekasi, namun kenapa Bekasi yang terpilih dari nominasi BO-DE-TA-BEK sebagai kota yang penuh bully?

Aku punya beberapa teman orang Bekasi dari sumber yang berbeda beda. Entah kebetulan atau memang disana culture nya seperti itu, gaya ngomong mereka sama – sama khas, yaitu khas Betawi. Aneh yah.. padahal Bekasi udah masuk ke daerah Jawa Barat, tapi disana lebih kental nuansa Betawi-nya. Masih medok banget terdengar dari mulut mereka lontaran – lontaran istilah Betawi seperti “Ya Kagaaak!” atau ada istilah lain yang dibikin sendiri atau memang sudah ada sebelumnya aku kurang ngeh juga si hahahaa.. Seperti “Yang Boneng??” atau dalam bahasa Indonesia “Yang bener??” bahkan sampai nama Bekasi sendiri mereka ganti dengan Bekesong. Menunjuk suatu tempat atau barang pun yang keluar dari mulut mereka adalah “Noh! noh!” ya.. walaupun nggak semuanya seperti itu si, tapi jadi lucu aja buatku mendengar celotehan spontan mereka. Apa karena ini mereka di bully? Kayaknya nggak juga deh…

Ada  sejarahnya Bekasi nih dari sumber –> http://infoseputarkawasanmm2100.blogspot.com/ ,

Bekasi diambil dari Bahasa Belanda Bacassie” kemudian berubah menjadi  Bekasi  hingga kini. Bekasi dikenal sebagai “Bumi Patriot”, yakni sebuah daerah yang dijaga oleh para pembela tanah air. Mereka berjuang disini sampai titik darah penghabisan untuk mempertahankan negeri tercinta dan merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. Ballada kepahlawanan tersebut tertulis dengan jelas dalam setiap bait guratan puisi heroik Pujangga Besar Chairil Anwar yang berjudul “Krawang – Bekasi”. Kini, Kabupaten Bekasi di usianya yang ke-57 tahun, banyak perubahan yang telah terjadi dari masa ke masa.

Mungkin kalau dikaitkan dengan kondisi sekarang, mereka berjuang sampai titik darah penghabisan untuk bekerja di Jakarta kali yah hehehe.. Sebenernya kalau jalanan nggak semacet sekarang, aku yakin jarak Bekasi dan Jakarta nggak sejauh itu. Populasi orang – orang di Bekasi selalu meningkat, tapi sumber mata pencaharian masih banyak yang tetap harus bersusah payah ke Ibukota. Walhasil jadilah bekasi terkenal macet dan jauh (menurut aku si gituuu)

Kalau yang pernah aku baca di koran Kompas, orang – orang Bekasi yang diwawancarai setuju dengan meme yang menyebutkan bahwa Bekasi panas banget. Karena apa yang mereka rasakan begitulah adanya. Banyak lahan – lahan yang sudah diambil alih menjadi pusat perbelanjaan, menjadi apartment, perumahan dll. Hasilnya penghijauan pun berkurang dan mereka beralih ke daerah Kanal Timur karena dianggap lebih rindang.

Yang tadinya meme meme Bekasi hanya di buat bahan bercanda, lama – lama menjadi sentilan yang serius untuk para warga Bekasi khususnya Walikota.  Di kompas.com tanggal 13 Oct 2014, Walikota Bekasi tampak marah-marah saat apel pagi. Bekasi yang sering di Bully ini harusnya diperbaiki dari orang – orangnya sendiri, agar citranya yang buruk bisa kembali baik. Sempet juga Pak Walikota datang ke Indonesia Lawak Club di Trans7 untuk membahas masalah ini.

Tapi kalo dari sudut pandangku sebagai anak komunikasi, dulu dosen pernah membahas mengenai black campaign. Kemarin-kemarin kita sempet denger black campaign dalam laga pemilu. Tapi sebenernya meme mengenai Bekasi ini juga bisa dikategorikan sebagai black campaign. Sebenernya si efek dari black campaign nggak selalu jelek juga loh, dari issue2 yang beredar kita jadi semakin penasaran sama yang di bicarakan. Aku aja yang jarang banget ke Bekasi (cuma lebaran aja ngunjungin keluarga) jadi penasaran banget sama Bekasi. Emangnya jauh  banget gitu?? Trus summarecon bekasi yang dibangga – banggain itu kayak apa sih?

Jadi walaupun harus dengan cara di ejek2 dulu, tapi nama Bekasi jadi semakin kian terkenal, dan mungkin jadi lebih banyak orang yang tertarik dan penasaran seperti apa bentuk rupanya Bekasi. Semoga Bekasi semakin jaya ya!!

Berikut meme yang lucu – lucu  :

With Rangga          With Omar                                                 Screenshot_2014-10-09-20-02-49

trus ada yang marah – marah jugaa nggak terima Bekasi di jelek-jelekin hahaha… seru deh

With Oswald                                        Stevie Telussa ✌️

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s