My comment on what i see

Divergent Movie, no more humanity..

Beberapa minggu lalu, aku sempet diajak nonton film, berjudul “Divergent”. 

tumblr_mm2a6m7Wtt1r221mfo1_1280

Film ini cukup banyak menyita perhatian penonton, karena novelnya juga cukup diminati pembaca young generation, nggak heran kalau kalau sambutan untuk film ini juga nggak kalah sama novelnya. Divergent sering juga dikaitkan dengan film “The Hunger Games”, yang sama – sama diangkat dari novel dan ber-genre action teenager. Karena aku belom pernah nonton The Hunger Games (so lame gak sih gue? hahaha) jadi aku belom bisa compare which better which not..

Ok, back to the movie story, bercerita tentang dunia futuristik Dystopia, dimana manusia nggak boleh punya sifat humanity (berontak, penyabar, pintar, jujur, dll ) dalam 1 diri. Tapi dibagi menjadi beberapa fraksi, yaitu :  Abnegation (fraksi yang paling pasrah dan saling mengasihi), Candor (fraksi yang selalu mengutamakan kejujuran), Amity (mengutamakan perdamaian), Erudite (pemimpin semua fraksi yang mengutamakan intelegensi), dan Dauntless (fraksi pemberani yang hidup paling keras ala militer)

divergent-tribes

 

Saat usia 16 tahun, semua anak wajib mengikuti test “ketakutan”, dan dari test tersebut dapat terlihat pribadi anak tersebut cenderung ke fraksi apa. Mereka harus memilih fraksinya sendiri, biasanya berdasarkan hasil test tersebut. Bahkan tak banyak dari mereka yang terpisah dari keluarganya karena berbeda fraksi. “Fraksi diatas keluarga”, maka jika sudah masuk ke salah satu Fraksi tersebut, tidak akan bisa kembali ke fraksi semula seumur hidup! Hmm ngeri yee..

Beatrice Prior/Tris (Shailene Woodley), salah satu warga Fraksi Abnegation terdeteksi memiliki “kelainan” atau “divergent” setelah mengikuti test ini. Ia memiliki semua sifat semua fraksi. Pada akhirnya, Ia memilih Fraksi Dauntless dan bertemu dengan seniornya yang kece berat yaitu Four/Tobias (Theo James) yang juga sama – sama memiliki “kelainan”

 

images (1)

Awalnya Tris sangat berat dalam menjalani training di fraksi Dauntless. Disini segala olahraga bentuk fisik dan pikiran akan dikuras habis demi bisa menjadi bagian dari Dauntless. Benar – benar dibutuhkan keberanian yang keras. Paras halus Tris dan asalnya dari fraksi Abnegation yang terkenal “Selfless and Stiff atau kaku” ini, selalu disepelekan oleh ketua senior Dauntless maupun beberapa temannya. Semuanya meragukan Tris bisa bergabung di Dauntless. Namun dengan tekadnya yang kuat serta bantuan Four, akhirnya Tris dapat membuktikan ke semua bahwa dia layak ada di Dauntless.

Divergent_-_Final_Trailer

Menjadi Divergent, haram hukumnya di dunia mereka. Karena rasa kemanusiaan-lah yang disalahkan atas terjadinya perang antar sesama. Maka cerita semakin menarik saat Tris dan Four saling menyelamatkan diri dari fraksi Erudite yang akan membunuh mereka. Pemimpin semua fraksi adalah Jeanine dari Erudite, diperankan sangat baik sekali oleh Kate Winslet. Belum pernah sebelumnya melihat Kate berperan sebagai antagonis, and I think she nailed it!

Film besutan sutradara Neil Burger ini, membuat kita sebagai penonton ikut merasakan ketegangan saat Tris di training oleh tim Dauntless, dan ikut merasakan gimana pengen berontaknya kalo jadi Tris dipaksa harus bersikap sebagai Dauntless seutuhnya dan fraksi kelahirannya Abnegation diserang abis2an.

Dari film ini dapat kita petik, bahwa it’s ok for being Divergent. Dan  gimana susahnya mencari jati diri diantara kumpulan fraksi. Persahabatan dan keluarga juga diselipkan dengan pesan menarik di film ini, bahwa how hard it is, keluarga dan sahabat yang sebenarnya akan selalu membantu kita.

Hmm kalo aja dunia mereka ini ada di dunia nyata, kira-kira fraksi terbanyak di Indonesia bakalan apa yah? Kayaknya yang paling sedikit fraksi Amity deh (Peacefull), secara di Indonesia utamanya Jakarta dikit-dikit ribut bukan? Hahahaha just tought :p
Perjuangan para Divergent dalam mempertahkan diri nggak selesai di film ini. Sesuai dengan novelnya karangan Veronica Roth, seharusnya film ini dibuat sequelnya juga. Wah seru banget deh. Can’t wait for another journey!  

 
 
 
 
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s